Tips Supaya Ban Awet dan Aus Merata

Tips Supaya Ban Awet dan Aus Merata – Jangka waktu pemakaian, kondisi jalan serta kondisi suspensi mobil Anda dapat menjadikan ban mengalami aus yang tidak merata. Untuk mencegahnya, bukan hanya perawatan berkala pada mobil, Anda juga dapat melakukan rotasi ban secara berkala.

Rotasi ban sangatlah penting untuk dilakukan, terutama apabila mobil Anda sudah mencapai jarak tempuh berkisar 7.500 sampai 10.000 km. Fungsinya, agar kembangan ban habisnya merata. Tetapi rotasi ban juga, memiliki berbagai cara yang bermacam-macam, tergantung dari tipe tapak bannya / sistem penggerak yang dianut mobil.

Tips Supaya Ban Awet dan Aus Merata

Berikut ini adalah rotasi ban berdasarkan alur tapaknya :

Sistem Berputar Maju

Sistem Berputar Maju, caranya mulai dari roda depan kiri ditukar dengan roda depan kanan atau bisa juga ban depan kanan pindah ke belakang kanan. ”Cara tersebut bisa dilakukan pada ban dengan pola tapak direksional,” ujar Surya Lesmana, selaku mekanik Honda Megatama, Kalimalang , Jakarta Timur

Sistem Garis Diagonal

Sistem Garis Diagonal, yaitu dengan cara, menukar roda depan kiri dengan belakang kanan atau sebaliknya. Lantas, ban serepnya dapat mengganti salah satu roda belakang. Cara Rotasi yang satu ini, juga cuma berlaku pada ban direksional. ”Karena desain tapak bannya memungkinkan untuk rotasi diagonal,” ujar Handito dari Mega Ban di bilangan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Jakarta Timur.

Rotasi ban

Sistem Zig Zag

Sistem Zig Zag yaitu, ban depan kiri ditukar ke kanan depan dan, yang kanan depan dipindahkan pada belakang kiri, selanjutnya yang kiri belakang ke samping kanan. Ban cadangan bisa juga menggantikan posisi ban depan kiri. ”Cara rotasi ini bisa dilakukan pada ban tipe unilateral atau simetris, sebab alur kembangan ban tidak searah,” ujar Andre dari Century Ban, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga : Masalah Umum Kerusakan Mobil

Sistem Segaris

Sistem segaris ialah ban kanan depan bisa ditukar dengan ban kanan belakang, begitu juga dengan yang belakang. “Cara tersebut cuma bisa dilakukan pada tipe ban asymmetric atau undireksional, dimana alur ban searah,” tambah Andre.

Pengecekan ban

Mobil Penggerak Roda Depan (FWD)

Selain tapak ban, rotasi ban juga dapat dilakukan menurut penggeraknya. Berikut adalah penjelasannya. Untuk penggerak roda depan (FWD/Front Wheel Drive) caranya ialah ban depan kanan menjadi ban cadangan. Ban depan kiri mundur ke belakang kiri. Ban belakang kanan maju ke depan kiri. Ban belakang kiri maju ke depan kanan. Ban cadangan menjadi ban belakang kiri. “Dengan catatan bannya menggunakan pola tapak direksional,” wanti Handito.

Mobil penggerak roda belakang & 4WD (RWD& 4WD)

Bagi penggerak roda belakang, (RWD/Rear Wheel Drive) serta penggerak empat roda (4WD/Four Wheel Drive), Ban depan kanan mundur ke belakang kiri, Ban depan kiri menjadi ban cadangan. Ban belakang kanan maju ke depan kanan. Ban belakang kiri maju ke depan kiri. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan.

Nah itulah Tips Supaya Ban Awet dan Aus Merata yang dapat kami sampaika kali ini. Untuk Anda yang sedang kewalahan di jalan karena mobil Anda Mogok, jangan ragu dan sungkan, segera hubungi Bengkel mobil Panggilan Bandung dengan tenaga ahli yang berpengalaman di no 081220922274 yang akan selalu siap membantu Anda.

Bengkel Mobil Bandung

Bengkel Mobil Online di Bandung, Jasa Bengkel dan Montir Panggilan 24 Jam. Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, Mazda, Daihatsu - Hotline: 0812 2092 2274

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Bengkel
Whatsapp