Pakai Bensin Oktan Tinggi Akan Boros Jika Tidak Sesuai

Pakai Bensin Oktan Tinggi Akan Boros Jika Tidak Sesuai – Pada awal tahun 2020 lalu ada kabar baik mengenai bahan bakar minyak (BBM) yang turun harga. Pertamina turunkan harga Pertamax cs, Shell dan Total juga turunkan harga bensin dengan RON 90, 92 dan 95.

Pakai Bensin Oktan Tinggi Akan Boros Jika Tidak Sesuai

Mengingat harga bensin dengan oktan yang lebih tinggi kini menjadi lebih murah, mungkin banyak pemilik kendaraan bermotor yang memilih menggunakan BBM beroktan tinggi. Namun, jika tak sesuai spesifikasi mesin, sebenarnya menggunakan bensin dengan oktan tinggi malah lebih boros.

Sebuah studi yang dilakukan American Automobile Association (AAA) menyebutkan, tak ada manfaatnya mengisi bensin dengan oktan tinggi kalau yang oktan rendah sudah sesuai spesifikasi mesin kendaraan.

Memang ada beberapa mobil yang disarankan menggunakan BBM dengan oktan yang paling tinggi namun tidak semua mobil. Menurut sebuah studi, menggunakan bensin dengan oktan lebih tinggi malah tidak signifikan hematnya.

Studi tersebut dilakukan AAA dengan mengetes beberapa model yang memang disarankan menggunakan BBM oktan tinggi. Hasilnya mobil-mobil tersebut menghasilkan kenaikan rata-rata efisiensi BBM sebesar 2,7 persen. Secara individu, efisiensi bahan bakar saat menggunakan BBM oktan tinggi bervariasi. Audi A3 model 2016 saat pengujian efisiensi bahan bakarnya malah turun 1%, sedangkan Cadillac Escalade efisiensi bahan bakarnya naik hingga 7,1%.

Namun, AAA menyimpulkan, peningkatan efisiensi bahan bakar yang cuma sedikit tersebut tidak mengimbangi biaya bensin beroktan tinggi yang lebih mahal.

Baca Juga : Tips Mengatasi Mobil Mogok Di Perjalanan

Jika bicara soal tenaga, BBM beroktan tinggi memang terbukti mendongkrak tenaga berdasarkan studi AAA. Tenaga kendaraan yang diuji AAA naik rata-rata 1,4%.

Untuk memilih bensin dengan oktan yang sesuai, pemilik kendaraan bisa mengeceknya di buku manual. Di sana biasanya tertera rekomendasi penggunaan bensin dengan oktan tertentu. Atau, bisa juga melihat rasio kompresi mesin dan sesuaikan dengan oktan bahan bakarnya.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan mobil mogok dijalan, bisa langsung Chat WhatsApp 081220922274 atau klik Bengkel Panggilan Bandung yang akan selalu siap membantu Anda.

Sumber Detik Oto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Bengkel
Whatsapp


Mobil anda ada keluhan atau masalah?

Konsultasikan permasalahan pada kami!

BENGKEL MOBIL 24 JAM BANDUNG

bengkel mekanik-mobil-panggilan-darurat-bandung-2

klik-disini-bengkel