Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan -Salah satu kejadian yang sangat menyusahkah jika sedang terburu-buru pergi ke suatu tempat, tetapi mesin mobil mati tiba tiba alias mogok di tengah jalan.

Keadaan mungkin tidak akan terlalu buruk jika mobil mogok di daerah dekat dengan bengkel. Namun apa jadinya apabila mogoknya di area yang jauh dari bengkel / jauh dari orang sekitar yang bisa menolong.

Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Tips Mengatasi Mobil Mogok & Penyebab Umum Mobil Mogok

Jika memiliki mobil, kita perlu mengetahui berbagai hal penyebab umum mobil mogok. Pengetahuan umum bagaimana cara mengatasi mobil mogok adalah sebagai berikut :

  • Arus Listrik ke Terminal Plus Koil Turun

Apabila mobil Anda berusia setidaknya 5 tahun, penyebab mobil mogok biasanya ada pada tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Jika hal tersebut terjadi, maka proses pembakaran tidak akan terjadi sebab pemantik api (ignition) tidak memperoleh aliran listrik.

Jika hal tersebut terjadi, cukup mudah mendeteksinya, Anda hanya tinggal memeriksa kabel distributor dan menempelkan kembodi mobil lalu kemudian nyalakan mesin mobil dengan starter.

Perhatikan, jika terdapat percikan api, maka arus listrik masih ada. Namun, jika tidak ada percikan api, maka arus listrik tidak ada. Akibatnya, Anda harus memeriksa sambungan kabel untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan seharusnya.

Apabila sambungan kabel semuanya menempel pada tempatnya, bisa jadi koil atau platina mengalami kerusakan atau kotor.

  • Arus Listrik Aki Lemah

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan arus listrik aki melemah, diantaranya karena kabel pada terminal plus atau minus aki kendor, alternator / dinamo ampere yang sudah aus atau aki yang sudah habis masa pakainya.

Apabila aki mengalami masalah, Anda perlu mendeteksinya dengan memeriksa kabel di terminal aki. Pastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan seharusnya. Jika kabel terlihat kendur, maka Anda perlu mengencangkannya.

Anda perlu membersihkan terlebih dahulu terminal dengan mempergunakan kertas ampelas atau sikat (gunakan sikat gigi) sampai bersih. Periksa juga volume air aki. Jika kurang, segera tambahkan sesuai dengan takaran. Namun, bila ternyata usia aki telah waktunya untuk di ganti, maka mau tidak mau harus membeli yang baru.

  • Alternator yang Aus

Alternator ialah sebuah perangkat mobil yang berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Jika alternator mengalami kerusakan, maka dipastikan aki akan kehabisan cadangan listrik dan berakibat mobil mogok.

Berikut adalah beberapa permasalahan yang umumnya terjadi pada alternator.

  • Gulungan Kawat Tembaga Putus. Walaupun hanya satu diantara sekian gulungan yang putus, halite akan mengganggu arus listrik.
  • Diode Putus. Dalam alternator biasanya terdapat 6 diode, meskipun hanya 1 diode yang mengalami kerusakan, tetap saja mobil Anda akan sulit untuk dinyalakan.
  • Kabel Berkarat. karena alternator terletak di bagian bawah mesin yang rentan terkena kotoran dan air, hal tersebut biasa terjadi disaat kabel menjadi berkarat dan mengakibatkan mobil mogok.
  • Karburator Bermasalah

Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, ini juga menjadi salah satu penyebab mobil mogok. Umumnya masalah yang terjadi ialah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit sehingga proses pembakaran tidak sempurna berakibat mesin akan mengalami kesulitan ketika akan dinyalakan.

Penyebab karburator tidak menyemburkan bahan bakar dengan optimal ialah karena setelan klep yang terlalu rapat atau kotor.

Cara mendeteksinya, Anda tinggal melepaskan selang bahan bakar, lalu masukan ujungnya ke botol. Setelah itu, Anda starter mobilnya. Jika bahan bakar masih mengalir, itu berarti bahan bakar masih berfungsi dengan baik. Namun apabila tidak, maka yang terjadi sebaliknya.

  • Switcher Starter Aus

Perangkat ini sangat sering dipakai oleh para pengguna mobil disaat akan menyalakan atau mematikan mesin mobil. Namun, itulah yang sering tidak disadari para pengendara sebab starter ini memang terlihat begitu sepele.

Biasanya, kabel renggang atau logam kontraktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus yang menjadikannyatidak tersambung.

Apabila mengalami hal tersebut segera ganti. Namun apabila sedang di tengah jalan yang jauh dari bengkel dan sepi, Anda bisa melakukan langkah darurat dengan menyambungkan kabel plus dan minus starter. Pakailah peniti atau kawat kecil yang tajam lalu sambungkan kedua kabel dengan peniti / kawat kecil tersebut

  • Cek Kesehatan Mobil Secara Berkala

Sebaiknya Anda terus mengecek kesehatan mobil Anda secara berkala di bengkel terpercaya langganan Anda. Apabila semua langkah deteksi untuk mengatasi mobil mogok di atas telah dilakukan, namun mobil tetap tidak bisa menyala, maka Anda perlu memanggil Bengkel Mobil Terdekat.

Bengkel Mobil Bandung

Bengkel Mobil Online di Bandung, Jasa Bengkel dan Montir Panggilan 24 Jam. Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, Mazda, Daihatsu - Hotline: 0812 2092 2274

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Bengkel
Whatsapp