8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti

komponen-kendaraan

8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti – Perawatan merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan. Tujuannya jelas untuk menjaga kondisi kendaraan selalu prima saat digunakan dan bebas masalah.
Beberapa perawatan salah satunya adalah penggantian suku cadang yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Ini karena suku cadang tersebut memiliki masa pakai yang sudah teruji oleh pabrikan. Penggantian suku cadang yang terlambat dapat menimbulkan risiko masalah setiap saat.

“Penggantian suku cadang sudah dijadwalkan oleh setiap pabrikan. Mereka sudah tahu setiap berapa jarak km harus mengganti bagian tertentu pada kendaraan karena suku cadang tersebut memiliki usia pakai. Sesuaikan saja dengan yang ada di buku pedoman. Ini kewajiban pemilik kendaraan, jika lalai masalah siap datang,” ucap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Berikut 8 suku cadang yang memiliki usia pakai relatif cepat dan wajib diganti secara berkala

1. Oli Mesin
Oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi bagian dalam mesin dan menjaga agar bagian dalam mesin bekerja dengan baik tanpa benturan dan terhindar dari goresan-goresan.

2. Busi
Alat ini berguna untuk memantikkan api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika kondisi busi sudah kotor dan perlu dilakukan penggantian sebaiknya segera ganti dan jangan membersihkan.

3. Aki
Aki merupakan bagian penting kendaraan. Pasokan listrik dari aki mampu membuat seluruh fungsi kendaraan bekerja normal. Saat aki sudah memasuki usia pakai, biasanya 2 atau 3 tahun.

4.Lampu kendaraan
Bagian lampu kendaraan merupakan salah satu komponen yang sering diganti. Usia pakainya bervariasi namun sering kali mati karena masalah kelistrikan atau pemasangan yang tidak benar dan kerusakan dari luar.

5. Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan
Fungsi pengeraman tidak bisa dipandang enteng. Penggunaan kendaraan sehari-hari ditambah kondisi berkendara di kota yang didominasi stop and go membuat kanvas rem bekerja keras.

6. Kanvas kopling
Fungsi kanvas kopling adalah membantu mentransfer tenaga mesin ke roda. Kanvas kopling cepat habis karena kondisi jalanan yang sering dihadapi pengemudi.

7. Filter
Beragam macam filter pada kendaraan memiliki usia pakai yang relatif rendah. Fungsinya untuk menjaga kualitas bahan yang digunakan kendaraan sesuai standar dan berjalan sebagaimana fungsinya. Kerja filter ini juga setiap saat sehingga wajib diganti secara berkala. Filter yang kerap diganti adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter tersebut diganti saat 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km.

8. Ban
Ban pada kendaraan jadi komponen yang sering diganti karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah kondisi jalan atau hobi pengemudi menghantam jalan rusak, serta kerusakan dari benda-benda di jalan seperti paku dan sekrup yang tidak dapat diperbaiki. Kondisi internal adalah kekurangan tekanan atau kelebihan tekanan udara yang tidak disadari oleh pengemudi. Ban biasanya 40.000 km atau dalam tiga tahun pemakaian.

Itulah beberapa komponen mobil yang sering di ganti Lihat juga Bengkel Mobil Bandung.

Related Posts

No Comments

Leave a Reply